Jakarta – Guna membatasi konsumsi gula pada masyarakat, Kementerian Kesehatan RI berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 (Riskesdas), menganjurkan batas konsumsi gula setiap orang per hari tidak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan gula.

Ini Dia Tanda-Tanda Tubuh Anda Kelebihan Kadar Gula

Namun akan sangat sulit menghitung kadar gula yang terdapat di dalam makanan, apalagi bila tidak ada keterangan komposisi gula pada kemasan makanan tersebut.

Cara paling mudah yakni dengan mengenali tanda-tanda alami pada tubuh yang menunjukkan bahwa Anda telah mengkonsumsi terlalu banyak gula.

Berikut tanda-tanda tersebut:

Sering Lapar
Kadar gula yang cukup tinggi mencegah penyerapan glukosa dalam sel sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup energi, akibatnya perut akan sering merasa lapar.

Timbul Jerawat
Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan, asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Gigi berlubang
Bakteri dalam mulut yang mencerna gula akan menghasilkan asam yang bila dikombinasikan dengan air liur akan membentuk plak, di mana akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Lelah
Menurut sebuah penelitian di Journal of Psychosomatic Research, terlalu banyak mengkonsumsi gula mengakibatkan rasa lelah di siang hari.

Kolesterol Tinggi
Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL dan menurunkan kolesterol baik HDL dalam tubuh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine Food.

Pinggang Semakin Berlemak
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, minuman yang mengandung gula membuat Anda akan memiliki tumpukan lemak di sekitar lingkar pinggang.
(samsul arifin – harianindo.com)