Home > Ragam Berita > Internasional > Korut Nilai Latihan Militer AS Bikin Situasi di Semenanjung Korea Memburuk

Korut Nilai Latihan Militer AS Bikin Situasi di Semenanjung Korea Memburuk

Pyongyang – Korea Utara (Korut) melapor kepada PBB pada Senin (13/11) mengenai latihan militer gabungan yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel). Pyongyang menyebut AS telah menyebabkan situasi terburuk di semenanjung Korea.

Korut Nilai Latihan Militer AS Bikin Situasi di Semenanjung Korea Memburuk

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (14/11/2017), Duta Besar Korut untuk PBB Ja Song-nam mengatakan AS telah memperkenalkan peralatan perang nuklir dalam latihan militer tersebut. Ja mengatakan, Washington harus dipersalahkan karena telah meningkatkan ketegangan.

Dia menuduh Dewan Keamanan (DK) PBB mengabaikan latihan perang nuklir AS yang akan membawa bencana besar terhadap umat manusia. Ja meminta Guterres untuk menarik perhatian 15 anggota DK PBB di bawah Pasal 99 Piagam PBB, yang jarang digunakan.

“Bahaya yang ditimbulkan oleh latihan perang nuklir AS, jelas-jelas merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan internasional,” ujar Ja.

Tiga kelompok armada kapal induk AS dilaporkan terlibat dalam latihan gabungan yang dilakukan di Pasifik Barat itu. Terakhir kali, ketiga kelompok armada kapal AS ini tercatat melakukan latihan militer gabungan di Pasifik Barat pada 2007.

Baca juga: Benarkah Ada Tersangka lain Dalam Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam ?

Korsel mengatakan, latihan gabungan tersebut akan selesai pada Selasa (14/11), saat Presiden AS Donald Trump sedang melakukan kunjungan pertamanya ke Asia. Latihan ini merupakan tanggapan atas provokasi nuklir dan rudal oleh Korut.

Ketegangan semakin meningkat antara AS dan Korut menyusul serangkaian uji coba senjata oleh Pyongyang. Retorika keras juga terjadi antara Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Puluhan Orang Tewas Dalam Serangan Udara di Aleppo

Puluhan Orang Tewas Dalam Serangan Udara di Aleppo

Aleppo – Sekitar 43 warga sipil meninggal akibat serangan udara pada sebuah pasar di al-Atarib, ...