Jakarta – Aksi ulama Bachtiar Nasir yang meminum susu unta dengan dicampur air kencing unta menuai adu argumen antara dua orang politisi yang sekaligus anggita DPR RI, Budiman Sudjatmiko dan Fahri Hamzah.

Ustad Bachtiar Nasir Minum Kencing Onta, Budiman Sudjatmimo dan Fahri Hamzah Berdebat

Ustad Bachtiar Nasir Minum Kencing Onta, Budiman Sudjatmimo dan Fahri Hamzah Berdebat

Aksi meminum air kencing unta tersebut direkam dalam bentuk video singkat yang kemudian diunggah dalam akun media sosial Instagramnya @bachtiarnasir, Kamis (04/01/2018). Dalam video tersebut Bachtiar terlihat sedang berada Hudaibiyah, Mekkah, Arab Saudi bersama teman-temannya.

Hadits Seputar Kencing dan Susu Unta. ———————- "Beberapa orang dari 'Ukl atau 'Urainah datang ke Madinah, namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit. Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air seni dan susunya. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta (zakat), ketika telah sembuh, mereka membunuh pengembala unta Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan membawa unta-untanya. Kemudian berita itu pun sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang ke pada pasir yang panas. Mereka minta minum namun tidak diberi." Abu Qilabah mengatakan, "Mereka semua telah mencuri, membunuh, murtad setelah keimanan dan memerangi Allah dan rasul-Nya." (HR. Bukhari: 226) – http://hadits.in/bukhari/226 "Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka." (HR. Ahmad: 2545) – http://hadits.in/ahmad/2545 "'Anbasah berkata; Telah menceritakan kepada kami Anas mengenai hal ini dan itu. Aku berkata; dan kepadaku Anas menceritakannya, ia berkata; suatu kaum pernah menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata; Cuaca kota ini sudah tidak cocok bagi kami. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: ini ada beberapa hewan ternak milik kami, maka keluarlah kalian dan minumlah dari susu dan air kencingnya. Lalu mereka pun meminum susu dan air kencing unta hingga mereka segar kembali…

A post shared by Bachtiar Nasir (@bachtiarnasir) on

Bachtiar terlihat memegang dua botol berisi air kencing inta dan susu unta. Dirinya kemudian mencampurkan keduanya dan meminumnya.

“Rasanya agak-agak pahit-pahit sedikit,” terangnya.

Bachtiar Nasir juga menuliskan sebuah caption yang panjang mengenai hukum Islam yang memperbolehkan meminum air kencing unta dan susu unta. Tentu saja aksi tersebut kemudian mendapatkan komentar yang beragam dari netizen, tak terkecuali dari anggota DPR RI dari PDIP, Budiman Sudjatmiko.

Baca juga : Beberapa Domba Ternak Meninggal Tiba-Tiba di Sukabumi

Cuitan komentar yang dituliskan oleh Budiman, Kamis (04/01/2018), ini juga langsung menimbulkan berbagai tanggapan dari para netizen. Termasuk dari rekan sejawatnya yang merupakan Wakil Ketia DPR RI, Fahri Hamzah.

Tentu saja Budiman langsung membalas cuitan Fahri Hamzah dengan membawa sebuah pertanyaan. Pasalnya air kencing menurut Imam Syafii dan Imam Hanafi adalah najis dan Budiman meyakini bahwa sesuatu yang membuat ragu sebaiknya ditinggalkan.

Fahri akhirnya tidak membalas cuitan Budiman itu. Ia lantas melanjutkan cuitannya dengan topik tersebut. Bahkan dalam cuitannya itu ia membubuhkan #KencingUnta. Dirinya terus saja menjelaskan tentang pengetahuannya mengenai kencing unta.

(Muspri-harianindo.com)