Jakarta – Partai Gerindra akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan calon Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

Gerindra Tegaskan Sejak Awal Telah Dukung Gus Ipul

Dengan demikian Gerindra berkoalisi dengan PKB, PDI-P dan PKS. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono mengatakan, sejak awal partainya memang memiliki kecenderungan mendukung Gus Ipul, sebab Provinsi Jatim tidak termasuk dalam kesepakatan koalisi Gerindra, PAN dan PKS.

“Dari awal kami ada kencenderungan ke arah Gus Ipul karena Provinsi Jatim adalah provinsi yang tidak termasuk dalam kesepatan koalisi Gerindra, PAN dan PKS sejak awal,” ujar Ferry saat dihubungi wartawan, Rabu (10/1/2018).

Ia pun membantah anggapan bahwa Gerindra gagal membangun poros tengah bersama PAN dan PKS. PKS telah lebih dulu bergeser mendukung Gus Ipul. Sementara PAN memilih mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak.

Baca juga: KPK Jadwalkan Pemeriksaan Fredrich Yunadi dengan Status tersangka

“Enggak (gagal) justru sebenarnya karena sejak awal Gerindra, PAN dan PKS tidak memasukkan Provinsi Jatim sebagai kesepakatan koalisi,” kata Ferry.

“Ya kemudian mencoba membangun wacana poros baru tapi kemudian kan sangat wajar kalau dinamika yang terjadi menyebabkan kami, PAN ke Khofifah, PKS dan Gerindra ke Gus Ipul,” ucapnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)