Jakarta – Waktu pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden tinggal beberapa hari lagi. Hingga kini, elektabilitas petahana Joko Widodo masih mengungguli lawan-lawannya, termasuk Prabowo Subianto.

Survei Pilpres Terbaru : Elektabilitas Jokowi Masih Unggul Dibanding Prabowo

Menurut hasil survei terbaru yang dilakukan Lembaga Media Survei Nasional (Median), elektabilitas Jokowi masih memimpin dengan angka 35, 7 persen.

“Sementara Prabowo Subianto 22, 6 persen,” kata Direktur Riset Median Sudarto saat merilis hasil surveinya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).

Di bawah Prabowo ada nama mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (6,8 persen), disusul kemudian oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5,2 persen.

“Lalu Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB) 4,7 persen,” ujar Sudarto.

Namun demikian, meski tetap berada di posisi teratas namun elektabilitas Jokowi mengalami tren penurunan pada bulan Juli, yakni sekitar 0,5 persen, bila dibandingkan dengan survei sebelumnya pada Maret-April.

Hasil survei juga mengukapkan bahwa elektabilitas Jokowi cukup tinggi di kalangan pemilih dengan tingkat pendidikan rendah. Sedangkan Prabowo unggul di tingkat pemilih berpendidikan tinggi.

Survei ini dilakukan pada 6-15 Juli 2018 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan metode Multistage Random Sampling dan proporsional atas provinsi dan gender. Margin of error survei diklaim 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
(samsul arifin – harianindo.com)