Jakarta – Akademisi Rocky Gerung, pada Selasa (14/12/2018) akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus ujaran kebohongan dengan tersangka Ratna Sarumpaet. Rocky dimintai keterangan terkait dengan alur pengiriman foto lebam wajah Ratna Sarumpaet, yang kemudian beredar viral.

Rocky Gerung Akhirnya Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro Jaya

Rocky Gerung

Penyidik Polda Metro Jaya awalnya mengagendakan pemeriksaan Rocky sebagai saksi kasus Ratna Sarumpaet pada Selasa (27/11/2018). Namun, Rocky melalui tim kuasa hukumnya meminta penundaan pemeriksaan karena harus menghadiri acara yang tidak dapat ditinggalkan.

Rocky menyatakan tidak menerima foto muka lebam Ratna Sarumpaet. Rocky mengaku masih berada di Gunung Elbrus, Rusia saat heboh kasus Ratna. Ia pun menyatakan mendapatkan foto lebam wajah Ratna Sarumpaet hanya berasal dari media sosial.

“Saya (baru tahu setelah) buka Twitter atau Facebook sepulang dari, pada waktu kejadian saya ada di ketinggian 5.600 di gunung es. Jadi saya ndak tahu apa yang terjadi di Jakarta, saya di gunung di Rusia di Elbrus,” kata Rocky di Mapolda Metro Jaya pada Selasa (4/12/2018).

Karena itu, ia membantah keterangan Ratna yang mengaku mengirim foto wajah lebamnya pada sejumlah nama termasuk dirinya. “Saya nggak tahu yang mana yang di handphone saya, nanti saja tunggu selesai pemeriksaan, baru nanti kalian tanya,” kata Rocky.

Selesai pemeriksaan, awak wartawan kembali bertanya kepada Rocky. Rocky pun menjelaskan, bahwa dirinya tidak mengetahui peristiwa yang menyangkut Ratna Sarumpaet.

“Saya memenuhi panggilan penyidik dan sudah diterangkan bahwa saya tidak mengetahui peristiwa itu,” ucap Rocky, seusai pemeriksaan.

Rocky menyebutkan penyidik mengajukan 10 pertanyaan seputar sepengetahuan soal fakta kasus Ratna Sarumpaet. Ketika kasus Ratna bergulir, akademisi Universitas Indonesia itu kembali mengungkapkan, sedang berada di Puncak Elbrust Rusia pada 20 September hingga 1 Oktober 2018.

Baca juga: Ketua PWI : Tidak Seharusnya Prabowo Melampiaskan Kekesalan kepada Wartawan

“Jadi saya tidak terlibat tentang peristiwa itu,” tegas Rocky.

Rocky mengetahui kasus Ratna melalui media sosial setelah mendarat di Jakarta pada 1 Oktober 2018 usai pulang dari Rusia. Namun, Rocky mengaku menerima foto lebam Ratna Sarumpaet melalui aplikasi percakapan Whatsapp dari Ratna pada 1 Oktober 2018.

“Ada empat foto dan ada foto yang kemudian beredar melalui media sosial,” tutur Rocky.

Usai menerima foto itu Rocky menulis tanggapan melalui akun media sosial (Twitter) yang merasa tercengang dengan foto itu. Rocky menghapus foto itu setelah Ratna Sarumpaet mengakui foto lebam tersebut bukan akibat tindakan penganiayaan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)