Home > Ragam Berita > Nasional > PKS : “Beban Utang Kita Besar dan Memberatkan Keuangan Negara”

PKS : “Beban Utang Kita Besar dan Memberatkan Keuangan Negara”

Jakarta – Fraksi PKS DPR ungkapkan beberapa catatan mengenai kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sepanjang 2018. Dan untuk catatan kali ini terfokus pada sektor ekonomi.

PKS : "Beban Utang Kita Besar dan Memberatkan Keuangan Negara"

Saat melakukan konferensi kemarin, Jazuli Juwaini selaku Ketua Fraksi PKS menuturkan bahwa “Fraksi PKS DPR mencatat kondisi perekonomian sepanjang 2018 hingga tutup tahun (bahkan selama 4 tahun ini) stagnan di angka 5,0 persen,”

“APBN kita belum cukup sehat. Keseimbangan primer masih negatif. Beban utang kita besar dan memberatkan keuangan negara. Pun untuk membayar bunga utang kita harus gunakan utang. Istilahnya gali lubang tutup lubang. Beratnya perekonomian ini berkelindan dengan tingginya angka pengangguran,” katanya.

“Jadi angka kemiskinan juga tidak bergeser jauh. Janji Presiden membuka 10 juta lapangan kerja baru nyatanya jauh dari tercapai,” sambung Jazuli.

Dirinya juga kemudian menuturkan bahwa kondisi pertanian Indonesia semakin mengenaskan. Setiap tahun terjadi penyusutan lahan rata-rata 150-200 ribu hektare. Menurut dia, jika hal itu dibiarkan, 38 tahun ke depan lahan pertanian di Indonesia akan habis.

“Jika hal itu tidak diantisipasi, 38 tahun lagi lahan pertanian kita akan habis. Akibat penyusutan lahan ini, tiap tahun produksi beras berkurang 3 juta ton. Dengan realitas tersebut, kecenderungan impor beras akan semakin tinggi. Kecenderungan impor juga merambah komoditas pertanian lain, seperti gula, garam, bawang merah, juga gandum. Alhasil, minat kaum muda bertani makin menyusut lagi, mereka lebih suka migrasi ke kota menjadi buruh,” tuturnya.

“Faktanya, pendapatan bulanan keluarga petani telah menyusut hanya sekitar Rp 1,2 juta per bulan. Ini menjadi PR terbesar pemerintah untuk menyejahterakan petani Indonesia,” lanjutnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekjen Partai Demokrat : Cuitan Andi Arief Tidak Bikin Keributan

Sekjen Partai Demokrat : Cuitan Andi Arief Tidak Bikin Keributan

Jakarta – Andi Arief dikabarkan tidak akan mendapat sanksi dari Partai Demokrat. Hal tersebut ditegaskan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135