Jakarta – Apa yang biasanya Anda lakukan ketika memiliki waktu senggang atau sedang bosan? Mungkin kamu punya hobi tertentu yang membuatmu enjoy, nyaman, dan rileks. Hobi bahkan punya efek positif mental, bisa jadi cara paling baik melepaskan stres dan membuat bahagia.

3 Hobi Sederhana yang Bisa Bikin Otak Semakin Smart

Menulis

Namun ternyata dari sekian banyak hobi yang ada, ada beberapa hobi simpel yang ternyata bisa bermanfaat mengembangkan skill dan membuat Anda semakin cerdas.

Apa sajakah? Berikut pembahasannya:

Menulis
Peringkat pertama adalah menulis. bahwa menulis adalah hobi yang mampu meningkatkan kecerdasan otak karena menulis membuat orang berpikir, membutuhkan kreativitas dan komitmen. Dengan kata lain menulis membuat otakmu terus bekerja dan berkembang. Tak salah, karena ternyata ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychological Science, menemukan bahwa menulis, apalagi dengan tangan, membantumu memahami dan belajar lebih banyak tentang informasi atau pengetahuan dalam jangka panjang.

Olahraga
Meski memang tampak hanya sebagai kegiatan fisik, tapi ternyata olahraga juga bisa mencerdaskan otak. Seperti yang dibuktikan sebuah penelitian dari Harvard Medical School di tahun 2013 yang menyatakan bahwa olahraga aerobik ternyata bisa merangsang pelepasan molekul bernama irisin dalam otak yang mana membantu meningkatkan fungsi kognitif serta melindungi otak dari penuaan dini.

Obsesi
Dalam hal ini obsesi bisa diartikan sebagai tujuan hidup, ketertarikan akan sesuatu yang kuat dan usaha keras mencapai sesuatu. Kesuksesan juga bisa didasari atas obsesi yang jelas. Harvard Business Review mendukung ide ini dan menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki keingintahuan besar dan terbuka dengan pengalaman baru akan membuat otaknya berkembang dan terus belajar dan terus bekerja. (Tita Yanuantari – harianindo.com)