Home > Gaya Hidup > Tips > Hilangkan Kutu Rambut dengan Lima Bahan Alami Ini

Hilangkan Kutu Rambut dengan Lima Bahan Alami Ini

Jakarta – Rambut yang berkutu merupakan masalah tersendiri, karena selain menimbulkan gatal juga membuat mereka mejadi tersisihkan dari pergaulan karena kutu rambut dapat ditularkan kepada orang-orang terdekatnya.

Telur kutu rambut bentuknya seperti biji wijen namun ukurannya sangat kecil. Telut ini akan menempel pada rambut hingga akhirnya menetas dalam waktu 8-9 hari. Setelah menetas, kutu mempunyai masa hidup selama 40 hari hingga kemudian mati.

Pada kulit kepala, kutu rambut hidup sebagai parasit dengan menghisap darah. Rasa gatal pada kepala bukanlah dari akibat gigitan kutu rambut melainkan reaksi alergi kulit terhadap parasit yang hidup di kulit.

Gunakanlah sisir serit untuk mengetahui apakah rambut Anda terdapat kutu atau tidak. Bila ternyata ditemukan, maka segeralah mengatasinya dengan lima bahan alami berikut ini:

1. Jus Lemon
Kandungan asam yang tinggi pada lemon memiliki manfaat untuk membasmi kutu secara alami. Caranya cukup mudah, hanya dengan memeras satu buah lemon, kemudian oleskan pada kulit kepala dengan pijatan ringan hingga 10 menit. Setelah itu diamkan hingga 1 jam, dan bilas rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan cuka. Dijamin setelah melakukan cara ini kutu tidak akan betah lama-lama di rambut dan telurnya akan mati.

2. Almond
Almond adalah bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan ampuh. Caranya dengan merendam 10 biji almond semalaman. Keesokan harinya, kupas almond dari kulit arinya dan tumbuk sampai halus. Tambahkan air perasan lemon setelah itu oleskan seperti menggunakan hair mask.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun tidak hanya dapat memperindah rambut tetapi juga dapat mengusir kutu rambut di kulit kepala. Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan berkeramas. Setelah itu oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Pijat-pijat kulit kepala agar kandungan yang ada dalam minyak zaitun dapat terserap dengan baik. Diamkan hingga keesokan harinya. Pada pagi hari kamu bisa keramas seperti biasa dan kutu sudah tidak bisa ditemukan di kepala.

4. Bawang Merah
Kandungan sulfur yang ada pada bawang merah bermanfaat untuk menghilangkan kutu yang membandel. Cara menggunakanya sangat mudah, cobalah untuk memblender 4 hingga 5 butir bawang merah, setelah itu peras dan ambil air hasil blenderan bawang merah tersebut. Oleskan air hasil perasan pada kulit kepala dan pijat selama 10 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan serit dan kutu akan terbawa.

5. Alkohol
Kandungan senyawa isopropyl sangat efektif menghilangkan kutu rambut. Tuangkan alkohol dengan kadar 70% dalam sebuah baskom secukupnya. Setelah itu oleskan alkohol tersebut pada kulit kepala secara merata. Diamkan dahulu hingga 30 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir serit lalu bilaslah rambut dengan air dingin untuk menghilangkan alkohol.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Gejala Claustrophobia dan Cara untuk Menanggulangi

Inilah Gejala Claustrophobia dan Cara untuk Menanggulangi

Jakarta – Rasa takut itu manusiawi dan bisa dialami siapa saja, bahkan orang yang paling ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135