Home > Gaya Hidup > Tips > Cara Alami Hilangkan Bau Amis Pada Ikan Yang Akan Dimasak

Cara Alami Hilangkan Bau Amis Pada Ikan Yang Akan Dimasak

Jakarta – Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang harus ada pada menu empat sehat lima sempurna. Kandungan protein, Omega 3, dan mineral yang terdapat pada ikan segar telah dibuktikan sangat baik kesehatan dan perkembangan otak anak.

Cara Alami Hilangkan Bau Amis Pada Ikan Yang Akan Dimasak

Namun demikian, bau amis yang melekat pada ikan seringkali membuat orang menjadi tidak selera untuk menyantapnya.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan sebelum dimasak?

Cuci Ikan di Air Mengalir
Cara yang satu ini merupakan cara yang paling simpel untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu mencuci ikan pada air yang mengalir, misalnya air keran. Cucilah hingga tekstur daging ikan jadi kesat, tidak berlendir, dan aroma amisnya mulai hilang.

Rendam Ikan dalam Air Garam dan Es Batu
Bila Anda memiliki waktu yang cukup lama untuk mengolah ikan, Anda bisa merendam ikan dalam campuran air garam dan es batu selama 15 menit. Setelah 15 menit, segera bersihkan ikan di air mengalir sebanyak 2-3 kali. Maka, aroma amis pada ikan akan berkurang dan ikan siap diolah menjadi aneka resep masakan yang lezat.

Gunakan Irisan Jahe, Daun Jeruk, Asam atau Cuka
Selain mencuci ikan dengan air mengalir atau merendamnya dengan air garam dan es batu, aroma amis pada ikan juga dapat dihilangkan dengan cara menambahkan irisan jahe, daun jeruk, asam atau cuka. Bumbu-bumbu dapur tersebut memiliki aroma yang kuat sehingga bisa menghilangkan aroma amis pada ikan. Khusus untuk penggunaan cuka, Anda bisa membilas ikan yang sudah dilumuri cuka dengan air bersih yang mengalir agar aroma cuka tidak melekat kuat pada ikan yang akan Anda olah.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Gejala Claustrophobia dan Cara untuk Menanggulangi

Inilah Gejala Claustrophobia dan Cara untuk Menanggulangi

Jakarta – Rasa takut itu manusiawi dan bisa dialami siapa saja, bahkan orang yang paling ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135