Jakarta – Maraknya pemasangan baliho ucapan selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi sebagai presiden dan wakil presiden di Jawa Barat mendapatkan sorotan dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan.

Bawaslu Meminta Semua Paslon Menghentikan Deklarasi Kemenangan

Menurut Abhan, semua pihak diharapkan tenang dan bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi prinsipnya begini, kami mengimbau kepada Paslon, tim kampanye, dan Parpol untuk bisa menahan diri dan semua pihak agar tidak saling mendeklarasikan diri sebelum adanya keputusan penetapan dari KPU,” ujar Abhan di Kantor Bawaslu RI Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Meski Abhan mengaku pihaknya tidak berwenang untuk melarang pemasangan baliho, ia menghimbau semua pihak untuk menahan diri sampai penghitungan suara selesai dilakukan.

“Saya kira fatsun (sopan santun) ya, ketika sesuatu yang belum terjadi, saya kira jangan dipublikasikan, kita hormati proses ini,” kata Abhan.

Sebelumnya, sebuah baliho raksasa terpasang di Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Baliho tersebut bertuliskan ucapan selamat terima kasih kepada warga Kecamatan Beji yang telah memilih Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.

Baliho tersebut dipasang oleh Komando Ulama Pemenangan Prabowo Sandi atau Koppasandi.
(samsularifin – www.harianindo.com)