Jakarta – Tahun ajaran baru si kecil sudah semakin dekat. Dengan tingkat kelas yang semakin tinggi, maka barang bawaan untuk anak Anda pun sudah pasti semakin banyak.

Tips Memilih Tas Sekolah untuk Si Kecil

Tas Sekolah

Sebuah penelitian menyatakan jika 60 persen anak sekolah menderita sakit punggung dan leher, masalah otot, dan postur tubuh buruk karena membawa tas sekolah yang berat. Memilih tas yang benar dapat mencegah anak terkena gangguan kesehatan. Berikut ini tipsnya:

1. Pilihlah tas ransel
Pilihlah jenis tas ransel, bukan samping. Membawa tas pada salah satu bahu saja dapat menyebabkan masalah otot dan kerangka serta memiringkan tulang belakang karena memberi tekanan pada satu sisi saja, demikian menurut dokter anak senior Dr Zinal Udatkat.

2. Periksa tali bahu
Hindari membeli tas dengan tali yang kecil pada bagian bahu karena dapat menyebabkan tekanan lebih banyak padah leher dan bahu. Dr Samarjit Chakrabarty, seorang ahli bedah ortopedi, menyarankan orang tua untuk membeli tas dengan tali bahu yang lebar, memiliki bantalan, dan bisa diatur panjangnya supaya beban tas bisa lebih seimbang.

3. Pilih tas yang ringan
Dengan banyaknya buku yang harus dibawa, cobalah untuk memperkecil beban dengan memilih tas yang ringan memiliki bantalan di bagian punggung. Dr. Zubeir Patel, dokter anak, menyebutkan bahwa beban maksimum yang seharusnya anak bawa adalah sepersepuluh berat badannya.

4. Lihat postur tubuh anak saat memakai tas
Dr. Zibeir Patel menyebutkan bahwa tas yang berat memuat anak cenderung mengarah ke depan, dimana hal tersebut dapat merusak tulang belakang dan menyebabkan postur tubuh menjadi jelek. Salah seorang ahli ortopedi di Bombay Hospital menyebutkan bahwa anak sebaiknya tak membawa tas di dekat pinggul karena dapat membuat punggung bagian bawah menjadi tegang.

5. Pilihlah tas dorong
Dr. Arvind Kulkarni, kepala Spine Scoliosis and Disc Replacement Centre di Bombay Hospital mengungkapkan bahwa tas dorong adalah salah satu jenis tas sekolah terbaik karena meskipun bawaan banyak, anak tak perlu mengangkat beban tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)