JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) segera melaksanakan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pilpres 2019 pada 14 Juni mendatang. Akan disiagakan jumlah personel keamanan mencapai 12 ribu orang demi kelancaran sidang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono menjelaskan personel keamanan disiagakan dari berbagai matra. Termasuk TNI, Polri dan pengamanan dalam (pamdal) MK.

“Tadi kita sudah koordinasi dengan Ketua (MK), Sekjen (MK), Pangdam. Kita melibatkan gabungan TNI, Polri, Pemda termasuk pamdal di MK kurang lebih 12 ribu personel yang disiapkan,” katanya pada wartawan di Gedung MK, Selasa (11/06).

Ia juga memastikan akan adanya penutupan jalan Medan Merdeka Barat di sekitar gedung MK. Tujuannya agar sidang berjalan dengan aman.

“Penutupan untuk berikan rasa aman di persidangan baik pemohon, termohon. Kita antisipasi lah kita berharap juga pelaksanaan sidang nanti (aman),” ujarnya.

Namun ia enggan menjelaskan secara detail kondisi keamanan di wilayah Ibu Kota saat pelaksaaan sidang.

“(Akan siaga 1?) Kita sudah siapkan semua pengamanan kita lihat dinamika lah, perkembangannya gimana,” ucapnya. (Hari-harianindo.com)