Jakarta – Mobil Esemka hasil produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) telah resmi dipasarkan, Jumat 6 September 2019. Merek mobil yang digagas oleh Sukiyat itu diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Peluncurkan dilaksanakan di pabrik Esemka yang berada di Boyolali, Jawa Tengah. Bima, nama produk pertama yang diluncurkan oleh Esemka, mobil berjenis pikap dengan dua varian mesin 1.300cc dan 1.200cc.

Jokowi sendiri menjajal langsung mobil pikap tersebut. Mantan Wali Kota Solo ini juga percaya bahwa pikap dari Esemka ini bakal laris manis lantaran dibandrol dengan harga yang murah.

“Saya melihat harga kompetitif. Saya tanya, harganya Rp95 juta off the road, feeling saya laku keras,” ucap Jokowi usai mencoba mobil Esemka.

Namun, mobil milik Esemka bila dilihat sekilas mirip dengan pikap merek Changan asal China. Pikap dari Changan itu diberi nama Star Truck dan bermesin 1243cc, terlihat dari kaca samping mirip dengan pika Esemka.

Namun tetap ada perbedaannya, pikap Esemka yang memiliki grille terpisah layaknya mobil BMW. Lalu bagian bak pikap Esemka terdapat garis-garis vertikal, sementara pikap dari Changan tidak ada. (Hr-harianindo.com)