Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa Pemprov DKI Jakarta turut memberikan bantuan terhadap penanganan korban dampak kerusuhan aksi di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/99/2019) malam. Anies menyatakan bahwa pihaknya mengerahkan 40 unit mobil ambulans untuk memberikan pertolongan evakuasi terhadap korban kerusuhan.

Anies menuturkan telah memerintahkan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) terkait untuk memberikan pertolongan dari berbagai hal saat kericuhan terjadi. Bersamaan dengan 40 ambulans tersebut, pihaknya menyiagakan 100 tenaga medis untuk memberikan pertolongan pada korban.

“Kita kemarin mengerahkan 40 ambulans, kemudian lebih dari 100 tenaga medis yang berada di lapangan,” jelas Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakart Pusat, Rabu (25/09/2019).

Selain bantuan kesehatan, Anies mengklaim telah mengirimkan bantuan lain untuk memberikan bantuan terhadap para korban. Salah satunya melalui Dinas Lingkungan Hidup, ia mengirimkan toilet mobile.

“Dari Lingkungan Hidup mengerahkan mobil-mobil toilet mobile untuk di sana,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, Anies menyatakan bahwa sejumalh 273 orang menjadi korban dan harus dirawat di Rumah Sakit. Seluruhnya, kata Anies, telah ditangani di 24 RS yang telah ditunjuk untuk menjadi rujukan penanganan korban.

“(Korban) dibawa oleh ambulans-ambulans adalah ke Rumas Sakit TNI Angkatan Laut Mintohardjo dan Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kemudian, per tadi malam, mayoritas sudah bisa pulang,” tandasnya. (Hr-harianindo.com)