Jakarta- Menkopolhukam Wiranto mengadakan rapat terbatas untuk membahas perkembangan situasi politik, hukum, dan keamanan di sejumlah wilayah di Indonesia kekinian.

Berdasarkan pantauan secara langsung, rapat yang dipimpin oleh Wiranto dihadiri oleh sejumlah pimpinan instansi dan lembaga terkait, yakni Panglima TNI Marsekal Hadi Tjhajanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI Hinsa Siburian.

Selain itu, hadir pula KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Asops Kapolri Irjen Martuani Sormin. Para perserta telah hadir untuk melaksanakan rapat di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, sekitar pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan informasi, rapat digelar setelah mereka dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Jakarta, pagi tadi.

Rapat terbatas yang digelar kali ini diduga terkait dengan kondisi keamanan yang terjadi di Papua dan Jakarta. Di Papua-Papua Barat diketahui beberapa kali terjadi kericuhan yang menyebabkan tewasnya puluhan orang dan rusaknya fasilitas umum.

Sementara di Jakarta, ribuan mahasiswa, pelajar, hingga aktivis turun ke jalan untuk melakukan aksi menuntut DPR membatalkan pengesahan sejumlah RUU, seperti RKUHP dan revisi UU KPK. Kericuhan pun terjadi dalam aksi demonstrasi tersebut yang menyebabkan massa dan aparat mengalami luka-luka. (Hr-harianindo.com).