Jakarta – Kawasan Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, rencananya akan dibangun kembali oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Rencananya, kampung tersebut akan mulai dibangun pada tahun 2020.

Diketahui bahwa Kampung Akuarium pada masa Gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, digusur oleh Pemprov DKI pada tahun 2016. Untuk ke depannya, Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto membenarkan bahwa ada rencana pembangunan kembali kampung tersebut.

“Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi,” ujar Triyanto pada Selasa (08/10/2019).

Saat ini, Pemprov DKI tengah menyelenggarakan proses pelelangan detail engineering design atau DED untuk Kampung Akuarium baru. Rancangan tersebut dikembangkan dari usulan warga Kampung Akuarium.

“Saat ini lagi pelelangan DED-nya,” kata Triyanto.

Untuk anggaran pembangunan Kampung Akuarium, Triyanto mengatakan bahwa besaran tersebut baru akan ditentukan apabila pemenang tender telah ditetapkan.

“Itu lelang perencanaan, anggarannya nanti kalau sudah selesai DED-nya,” ucap Triyanto.

Gubernur Anies Baswedan sebelumnya menjanjikan adanya pembangunan kembali Kampung Akuarium yang sempat digusur pada 11 April 2016. Tahapan sebelumnya yang dilakukan Pemprov DKI adalah reaktivasi kartu tanda penduduk (KTP) warga kampung tersebut yang dimulai pada awal 2018. (Elhas-harianindo.com)