Jakarta – Dalam kasus penganiayaan yang dialaminya, relawan Jokowi bernama Ninoy Karundeng menyebut ada sesosok ‘habib’ yang memiliki peran sentral dalam kejadian tersebut. Belakangan, sosok ‘habib’ yang dimaksud adalah Irshad Ahmad.

Tersangka dalam kasus penganiayaan di Masjid Al Falah, Pejompongan, pada 30 September 2019 itu mengungkapkan latar belakangnya. Termasuk cerita dibalik julukan ‘habib’ yang dilontarkan oleh warga sekitar.

“Iya kadang-kadang (dipanggil) habib, ustaz, karena basic saya tabib. Saya turunan dari Pakistan, ibu Sunda, bapak Pakistan,” ujar Irshad di Polda Metro Jaya, Senin (14/10/2019).

Sebagai seorang tabib, dirinya memiliki klinik pengobatan alternatif di Matraman, Jakarta Timur. Selain itu, Irshad juga membuka cabang kliniknya di Semarang, Surabaya, dan Pekanbaru.

Usaha pengobatan alternatif tersebut mulai ia rintis sejak 1982. Spesialisasi pengobatan Irshad adalah penyakit diabetes, wasir, hingga masalah sulit keturunan.

“(Jumlah cabang pengobatan) sudah ada 4 ya, sekarang tinggal 1 sih, karena BPJS kan orang enaknya jadi ke BPJS gitu,” ungkap Irshad.

Baca Juga: Irshad Ahmad Bantah Tuduhan Rancang Penganiayaan Terhadap Ninoy

Meski memiliki asisten, namun Irshad kadang kala juga turut memberi penanganan. Obat-obatan yang biasa ia berikan berbahan herbal.

“Kadang-kadang saya handle, kadang-kadang ada asisten. Caranya herbal ya, herbal kita masukan ke kapsul ramuannya,” tuturnya.

Terkait kebiasaan orang-orang di sekitarnya yang kerap memanggilnya habib, Irshad mengaku tak masalah. Meskipun ia mengaku bahwa dirinya tak pernah memperkenalkan diri sebagai seorang habib.

“Habib itu orang yang dekat dengan Allah, ada keturunan nasabnya juga kan gitu. Kan habibullah kekasih Allah. Saya itu mau dipanggil apa pun ya nggak apa-apa, maslahnya kan orang hormat kan,” ujar Irshad.

Irshad memandang bahwa orang-orang menghormati profesinya sebagai tabib, maka ia mendapat julukan ‘habib’.

“Habib juga, tabib juga, karena tabib kan profesi kan. Mungkin orang hormati saya karena saya hidupkan sunnah pakai jenggot identik habib,” ucapnya. (Elhas-harianindo.com)