Jakarta – Ustaz Abdul Somad (UAS) dijegal oleh kelompok masyarakat Indonesia di Berlin, Jerman. Penolakan tersebut diwujudkan dalam surat pernyataan dan petisi yang dibuat di laman change.org.

Selain itu, surat pernyataan yang tersebar di grup Facebook PPI Berlin itu mengatasnamakan anggota GWJ Berlin dan Kelompok Masyarakat Indonesia di Berlin.

Kelompok tersebut berkeinginan agar Indonesische Weisheits- und Kulturzentrum (IWKZ) Masjid Indonesia Al-Falah untuk membatalkan acara yang didatangi oleh UAS. Diketahu bahwa, IWKZ sendiri merupakan masjid dan pusat budaya Islam Indonesia yang telah berdiri lebih dari 20 tahun di Jerman.

UAS awalnya akan mengisi sebuah acara Tabligh Akbar yang kemungkinan besar diselenggarakan oleh pihak pengurus Masjid Indonesia al-Falah. Rencananya, UAS akan berada di Jerman dan tiba di Berlin pada 21 Oktober 2019.

Akan tetapi, Ustaz Somad dijegal di Jerman lantaran dianggap sering membuat pernyataan yang intoleran bahkan cenderung provokatif. Pembuat petisi merasa UAS memusuhi tidak hanya kepada sesama Muslim tapi juga kepada non-Muslim. (NRY-harianindo.com)