Jakarta – Dahlan Iskan, selaku Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melayangkan pujian terhadap susunan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua.

Dahlan menyampaikan hal itu di laman pribadinya disway.id. Dahlan memberi judul tulisannya tersebut ‘Kabinet Bagus’. Dahlan menilai bahwa Jokowi sebagai penyusun kabinet tersebut mampu keluar dari tekanan banyak pihak.

“Saya harus memuji susunan kabinet baru ini. Berarti saya harus memuji yang menyusunnya: Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo,” kata Dahlan, Kamis (24/10/2019).

“Tentu tidak memuaskan semua orang. Apalagi semua partai. Tapi terlihat Presiden Jokowi bisa keluar dari tekanan banyak pihak,” ujar dia.

Dahlan menyatakan bahwa peran Luhut Binsar Pandjaitan masih dominan di kabinet. Luhut sendiri kini menjadi Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dahlan beranggapan bahwa kehadiran Luhut di kabinet bisa menjadi tameng dari tekanan berbagai pihak, termasuk di parlemen.

“Memang Luhut Panjaitan masih terlihat dominan. Jabatan lamanya tetap: Menko Kemaritiman. Membawahi ESDM dan kelautan. Bahkan ditambah bidang investasi. Tapi –dari kacamata presiden– itu pilihan yang tepat. Luhut bisa jadi bumper untuk berbagai tekanan. Dari perorangan maupun politisi. Termasuk dari parlemen,” paparnya. (NRY-www.harianindo.com)