Solo – Wacana Gibran Rakabuming Raka yang hendak mencalonkan diri dalam Pilwalkot Solo 2020 rupanya disambut oleh sejumlah pihak. Salah satunya adalah kelompok relawan yang menamakan diri Kancane Gibran Gess (KGG) yang menggalang dukungan.

KGG mengadakan serangkaian kegiatan potong rambut gratis, pengumpulan tanda tangan, serta laminasi SIM dan KTP gratis. Adapun kegiatan tersebut mereka lakukan di sekitar Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada Minggu (3/11/2019) pagi.

Juru Bicara KGG, Imelda Yuniati, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai ruang bagi masyarakat Solo yang ingin menyatakan dukungan terhadap putra sulung Presiden Joko Widodo itu dalam Pilwalkot 2020.

“Jauh-jauh hari banyak warga yang bertanya mengenai cara untuk memberikan dukungan kepada Gibran. Apakah dengan pengumpulan KTP atau tanda tangan, kalau KTP cukup riskan, makanya kami adakan pengumpulan tanda tangan ini,” kata Imelda.

Melalui kegiatan tersebut, Imelda mengatakan bahwa hal tersebut membuktikan bahwa majunya Gibran dalam kontestasi Pilwalkot bukan karena dorongan dari ayahnya.

“Melainkan karena adanya dorongan dari warga masyarakat yang menginginkan Gibran menjadi wali kota. Jadi bukan seperti yang selama ini beredar karena dia seorang anak presiden,” ujarnya.

Imelda mengaku bahwa pihaknya tidak menarget seberapa banyak tanda tangan yang didapat dalam acara tersebut. Sebab, yang mereka butuhkan adalah bukti bahwa masyarakat Solo memang mendukung Gibran.

“Untuk pemilihan lokasi ini, nyaman, dan mudah berkoordinasi. Untuk jumlah relawan juga cukup banyak,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Forum Muda Visioner (FMV), Antonius Yogo Prabowo mengatakan bahwa acara tersebut tidak hanya menggalang tanda tangan. Akan tetapi, masyarakat juga bisa menuliskan harapan dan keinginan mereka di masa mendatang jika Gibran terpilih menjadi Wali Kota Solo.

“Jadi warga bisa menuliskan keinginan dan harapannya di selembar kain ini. Tapi kalau mau ditambah nama dan tanda tangan juga tidak apa-apa,” ujar Antonius. (Elhas-www.harianindo.com)