Balikpapan – Persebaya Surabaya dijadwalkan akan berlaga melawan PSM Makassar dalam laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2019. Dihelat di Stadion Batakan Balikpapan, pertandingan tersebut akan mulai bergulir pada Kamis (14/11/2019) esok pukul 18.30 WIB.

Tabel perolehan poin sementara Liga 1 menunjukkan bahwa saat ini, Persebaya Surabaya kini menempati peringkat ke-11 dengan mengantongi 32 poin. Sementara PSM Makassar berada di urutan ke-9 dengan capaian 36 poin.

Laga tunda kali ini memberi sejumlah kerugian bagi kedua belah pihak. Sebab, pertandingan yang berlangsung di Balikpapan tersebut takkan dihadiri oleh para supporter dari Persebaya maupun PSM Makassar.

Selain itu, kondisi skuad masing-masing juga sedang tidak komplit. Di kubu Persebaya, sebanyak lima pemain diprediksi bakal absen dalam laga besok.

Sejumlah pemain Persebaya terhalang lantaran membela Timnas seperti Moch Supriadi (Timnas U-19), Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay (Timnas U-22 Indonesia) dan Otavio Dutra (Timnas Indonesia Senior). Sedangkan Hansamu Yama masih menjalani akumulasi kartu kuning.

Akan tetapi, setidaknya Irfan Jaya dan David da Silva sudah bisa kembali membela Persebaya dalam laga esok. Pelatih Aji Santoso juga melibatkan mereka dalam sesi latihan yang disiasati lantaran padatnya jadwal Bajul Ijo.

“Latihan hari ini kita memberi porsi recovery untuk pemain yang kemarin bermain agar tidak terlalu lelah. Sedangkan pemain yang kemarin tidak bermain tetap berlatih dengan intensitas yang cukup tinggi,” kata Aji Santoso.

Di lain pihak, PSM Makassar kembali tidak bisa mengandalkan Wiljan Pluim. Sebelumnya, gelandang PSM tersebut sempat berlaga melawan Kalteng Putra pekan lalu. Akan tetapi, Pluim langsung digantikan lantaran cedera engkel kakinya kambuh.

“Tapi saya tidak terlalu tahu apa cederanya. Tapi setahu saya, dia memang cedera dan main menahan sakit,” kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.

Selain itu, Pluim juga tak bisa ikut membela Laskar Juku Eja esok lantaran mendapat hukuman akumulasi kartu kuning. Kartu kelimanya ia dapatkan ketika memprotes wasit dalam pertandingan kontra Bhayangkara FC pada Selasa (29/10/2019) lalu.

Berdasarkan catatan lima laga head to head terakhirnya, Persebaya pernah unggul dalam dua laga. Sementara PSM juga menang sebanyak dua kali. Satu laga sisanya berakhir imbang. (Elhas-harianindo.com)