Jakarta – UAS (Ustad Abdul Shomad) mengatakan bahwa olahraga catur haram lantaran disinyalir dapat melalaikan salat dan menghilangkan waktu berhari-hari. Terkait hal itu, pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melayangkan pendapat terkait ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang sepakat mengharamkan olahraga catur.

Video UAS ramai diperbincangkan khalayak seiring dengan kabar UAS yang mengisi tausiah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (20/11/2019).

Ceramah UAS terkait catur diunggah oleh YouTube Teman Ngaji pada 26 Juli 2017 dengan judul “Hukum Main Domino dan Catur – Ustadz Abdul Somad Lc MA”.

Baca Juga : Garry Kasparov Mengecam Fatwa Haram Catur Oleh Ulama Arab Saudi

Terkait hal itu, Kristianus Liem, selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi mengatakan bahwa UAS salah kaprah terkait hukum mengharamkan olahraga catur.

Kristianus beranggapan bahwa catur yang dimaksudkan UAS berbeda dengan olahraga catur profesional yang selama ini diwadahi Percasi.

Liem menyatakan bahwa percasi memiliki waktu dan metode latihan yang jelas bagi para atlet Pelatnas catur. Sehingga, tudingan yang menyebut catur membuang-buang waktu kurang tepat.

“Ustaz Abdul Somad mungkin tidak tahu situasi. Dia pikir hanya yang di kampung-kampung yang main hingga lupa waktu,” ujar Liem saat dihubungi Suara.com, Kamis (21/11/2019). (NRY-harianindo.com)