Jakarta – Terhitung sejak Senin (25/11/2019) ini, PT Pertamina (Persero) mengumumkan secara resmi perubahan susunan dewan komisaris beserta direksi.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), terdapat satu direksi dan tiga komisaris baru yang sudah memegang Surat Keputusan (SK) jabatan. Adapun keputusan dan SK diserahkan oleh Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmojo.

“Tadi jam 10, diadakan penyerahan keputusan,” kata Juru bicara Pertamina Fajriyah Usman usai pelaksanaan RUPS di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Baca Juga: Media Asing Ikut Soroti Penunjukkan Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina

Dalam keputusan tersebut, Pertamina menunjuk mantan CEO Telkomsel, Emma Sri Martini, sebagai Direktur Keuangan. Ia menggantikan Pahala Mansury yang kini menjadi Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN).

Berikutnya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menggantikan Tanri Abeng sebagai Komisaris Utama. Posisi Wakil Komisaris Utama dijabat oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Budi ditunjuk menggantikan Arcandra Tahar.

Sedangkan yang terpilih menjadi anggota komisaris adalah jenderal bintang tiga Komisaris Jenderal Polisi Condro Kirono. Ia menggantikan Gatot Trihargo yang pindah ke Perum Bulog.

“Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan 22 November 2019,” kata Fajriyah. (Elhas-harianindo.com)