Jakarta – Zainut Tauhid Sa’adi, selaku Wakil Menteri Agama (Wamenag) mengatakan bahwa musik merupakan kekuatan yang dapat mempersatukan masyarakat Indonesia dalam berbagai keberagaman dan kebhinekaan.

“Musik merupakan anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus terus dikembangkan dan dieksplor menjadi kekuatan yang dapat mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam berbagai keberagaman, kebhinekaan dan ke-Indonesia-an,” terangnya saat pembukaan pemilihan duta qasidah tingkat nasional ke XXIV tahun 2019 di Kota Ambon, Maluku, Senin (25/11/2019) malam.

Baca Juga : Ustaz Derry Sulaiman Bicara Soal Musik Yang Dinilai Haram

Zainut beranggapan bahwa musik menjadi pengikat untuk menjaga identitas sebagai masyarakat yang kaya akan keberagaman, baik suku, agama, bahasa, adat dan budaya.

“Identitas kebudayaan menjadikan Indonesia yang dibangun melalui musik dan diterjemahkan dalam bahasa agama, harus terus dipelihara karena musik anugerah terindah dari Tuhan,” tambahnya.

Zainut mengatakan bahwa seni qasidah merupakan salah satu kesenian yang juga harus terus dipelihara dam dikembangkan.

“Seni qasidah hari ini dilombakan, diharapkan terus mengikuti perkembangan zaman,” lanjutnya.

Di sisi lain, nilai seni qasidah harus dikembangkan melalui kolaborasi alat musik modern, tapi juga tetap mempertahankan nilai tradisi yang menjadi kekuatan dari seni qasidah sendiri. (NRY-harianindo.com)