Jakarta – Baru-baru ini, aktris ternama Indonesia Dian Sastrowardoyo mengunggah cuitan di Twitter. Bukan sembarang cuitan, ia mengungkapkan sebuah teori yang berkaitan dengan rasa kebanggan bangsa Indonesia.

“Gue punya teori: bahwa rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia itu berbanding lurus dengan luas nya wawasan dan pengetahuan kita terhadap sejarah dan kebudayaan bangsa kita,” cuit Dian Sastro.

Dalam cuitan tersebut, Dian Sastro tak hanya memuat tulisan saja. Ia juga menyematkan sebuah gambar grafik yang berjudul “Teori Identitias Bangsa Indonesia”.

Baca Juga: Aktivis Kecam Pernyataan Agnez Mo Soal Tak Berdarah Indonesia

Dalam paparan tersebut, naiknya rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia juga berbanding lurus dengan wawasan kebangsaan, sehingga turut naik. Sebaliknya, rendahnya rasa bangga juga membuat wawasan tentang bangsa juga ikut turun.

Meski tak disebutkan maksud dari Dian Sastro mengunggah ‘teori’ tersebut, namun banyak netizen berspekulasi bahwa hal tersebut berkaitan dengan ujaran Agnez Mo yang viral terkait pengakuan tak memiliki darah Indonesia.

Ujaran tersebut terlontar saat Agnez Mo diwawancarai oleh Kevin Kenney saat menjadi bintang tamu di acara Build Series by Yahoo.

“Iya.. karena sebetulnya saya tidak punya darah Indonesia. Saya sebetulnya (berdarah) Jerman, Jepang, dan China, dan saya lahir di Indonesia,” ujar Agnez. (Elhas-harianindo.com)