Bone – Warga Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan digegerkan dengan penemuan harta karus berupa batangan logam dan kepingan koin menyerupai emas. Batangan logam dan kepingan koin itu disinyalir sebagai peninggalan harta dari Presiden pertama RI, Sukarno.

“Yang pertama kali menemukannya adalah Kepala Desa Pinceng Pute, namanya Sudirman,” ujar Andi Yusril, warga setempat, Rabu (27/11/2019).

Yusril menuturkan bahwa informasi yang ia dapatkan, Sudirman mendapati harta karun tersebut setealh dirinya mendapatkan wangsit dari mimpinya baru-baru ini. Sudirman pun akhirnya menggali tanah yang ada dilahan miliknya dan mendapati adanya harta karus tersebut.

“Dia mengaku kalau di situ masih banyak emas lagi, tapi harus pakai ritual dulu,” tutur Yusril.

Kabar terkait penemuan harta karun tersesut dan langsung menyebar hingga ke telinga salah seorang kolektor benda lama yang berasal dari luar negeri. Warga yang mengetahui informasi tersebut pun berduyun-duyun untuk mendatangi kebun milik Sudirman untuk menyaksikan penemuan batangan logam dan kepingan koin bergambar Sukarno tersebut.

Pasca menemukan harta karus tersebut, Sudirman pun menggelar sebuah ritual.

“Ramai karena digelar ritual Mappadekko dengan menyembelih tujuh ekor kambing dan kuda. Pak Sudirman yang pimpin langsung, ada juga kolektor barang antik dari Malaysia yang datang, entah Dato siapa namanya,” terang Yusril.

Ritual itu bertujuan agar lempengan logam dan kepingan koin lainnya bisa ditemukan. Sementara harta karun berupa lempengan logam dan kepingan koin yang ditemukan sebelumnya kini disimpan di kediaman milik Kepala Desa Pinceng Pute, Sudirman.

“Warga yang melihat langsung sih peracaya kalau itu emas,” tutup Yusril. (Hr-harianindo.com)