Puing - puing ledakan bom

Puing – puing ledakan bom

Kabul – Dalam sebuah konvoi pasukan Amerika Serikat yang berlangsung di Kabul, terjadi sebuah serangan bom bunuh diri yang menyebabkan tewasnya 15 orang. Enam diantara korban jiwa tersebut merupakan warga negara Amerika Serikat, Assosiated Press, Sabtu (18/5/2013) .

Kekuatan daya ledak dari serangan tersebut juga terasa hingga wilayah lain dekat Ibukota Afghanistan. Mengetahui terjadi ledakan, pasukan AS lainnya langsung menuju lokasi ledakan dan melakukan proses evakuasi.

Terkait dengan ledakan bom tersebut, sebuah kelompok militan mengakui bertanggung jawab atas tindakan itu. Pengeboman tersebut, menurut kelompok militan Hizb-e-Islami dilakukan oleh salah satu divisi khusus bom bunuh diri yang mereka miliki. Divisi tersebut sengaja mereka bentuk untuk melakukan serangan pada pasukan AS.

“Selama satu pekan, kami terus melakukan pengintaian terhadap setiap kegiatan pasukan Amerika Serikat di Afghanistan. Selanjutnya, kami memutuskan untuk melakukan serangan ini,” ujar salah satu militan.

Tentunya, pernyataan tersebut langsung mendapatkan reaksi dari berbagai pihak. Beberapa pihak kini mulai bertanya – tanya mengenai prosedur keamanan yang diterapkan oleh pihak Amerika Serikat dalam misi mereka di Afghanistan. Seharusnya, pihak militan tidak bisa menembus keamanan AS. (Choirul Anam – www.harianindo.com)