Shell Eco-Marathon 2015 Akan Digelar di DetroitDetroit – Kompetisi otomotif tahunan yang digelar oleh Shell, Shell Eco-Marathon, mulai tahun depan akan dilangsungkan di Detroit setelah dalam gelaran sebelumnya selalu diadakan di Houston, Amerika Serikat. Seperti dilansir dari InAutoNews (Senin, 2/6/2014), ajang balapan yang melombakan mobil paling hemat bahan bakar ini akan menjadi ajang unjuk gigi bagi ribuan mahasiswa teknik dan pelajar setara SMA dari seluruh dunia.

Shell Eco-Marathon, yang sering juga disebut sebagai ajang kumpul para expert otomotif, akan melombakan prototype kendaraan futuristik yang paling hemat bahan bakar. Diperkirakan kompetisi marathon dan konferensi Shell Eco-Marathon akan menarik hingga 2000 partisipan dari seluruh dunia, belum dari pendukung yang akan datang melihat balapan. Dalam beberapa edisi sebelumnya tim dari Indonesia, misalnya ITS Surabaya sempat mengirimkan perwakilan dalam lomba ini dengan mobil prototype bertajuk “Sapu Angin”.

Menurut Niel Golightly selaku Shell vice president, Detroit dipilih untuk menjadi tuan rumah tahun depan karena Detroit dianggap pas dengan moto acara ini yang mengedepankan inovasi, keseluruhan kota Detroit pastinya akan menyambut dan mendukung acara ini dengan antusias.

Berbeda dengan kompetisi balapan pada umumnya yang fokus pada kecepatan, Eco-Marathon dibuat untuk saling beradu kendaraan yang paling hemat bahan bakar dengan teknologi hybrid. Dalam kategori prototype tahun lalu misalnya, tim yang menjadi juara dapat membuat mobil yang dapat berkendara sejauh 3000 mil dengan hanya satu gallon bensin, dengan kecepatan rata-rata 15mph. (Choirul Anam – www.harianindo.com)