Home > Ragam Berita > Ekonomi > Semakin Menguat, Rupiah Bergerak Menuju Rp 13.000

Semakin Menguat, Rupiah Bergerak Menuju Rp 13.000

Jakarta – Selasa (16/2) ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpantau bergerak menguat. Pada Selasa (16/2) pagi nilai tukar rupiah menguat sebesar 79 poin ke ke level Rp. 13.299.

Semakin Menguat, Rupiah Bergerak Menuju Rp 13.000

Berdasar pantauan tim Harian Indo, Selasa (16/2/2016), menguatnya nilai tukar rupiah dibarengi dengan mayoritas kurs mata uang lain di kawasan Asia yang juga menguat terhadap dolar AS. Kenaikan harga minyak mentah dunia diperkirakan menjadi salah satu penyebab melemahnya nilai dolar AS di kawasan Asia.

Data neraca perdagangan sepanjang periode Januari 2016 juga mengalami surplus yang mendukung penguatan mata uang rupiah. Selain itu penguatan nilai rupiah diperkirakan menguat menyusul data pertumbuhan penjualan mobil dan motor yang cenderung menurun.

Sementara itu fokus investor selanjutnya adalah secara perlahan beralih pada kebijakan Bank Indonesia terkait BI Rate. Adapun Bank Indonesia diperkirakan akan menggelar Rapat Dewan Gubernur pada pekan ini untuk membahas BI Rate yang akan dipangkas lagi sebesar 25 poin. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Transfer Dana Rp 19 Triliun Yang Bikin Heboh Itu Teryata Milik 81 Nasabah WNI

Transfer Dana Rp 19 Triliun Yang Bikin Heboh Itu Ternyata Milik 81 Nasabah WNI

Jakarta – Kasus transfer dana melalui Standard Chartered Plc (Stanchart) dari Guernsey Inggris ke Singapura ...