Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Tetapkan Ketua DPD Irman Gusman Sebagai Tersangka Suap Kuota Gula Impor

KPK Tetapkan Ketua DPD Irman Gusman Sebagai Tersangka Suap Kuota Gula Impor

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo akhirnya menggelar konferensi pers di Gedung KPK. Dalam keterangannya, Agus menjelaskan bahwa KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) di kediaman Ketua DPD Irman Gusman pada Sabtu (17/9/2016) dihari sekitar pukul 01.00 WIB.

KPK Tetapkan Ketua DPD Irman Gusman Sebagai Tersangka Suap Kuota Gula Impor

Tiga orang tersangka yang telah ditetapkan oleh KPK tersebut adalah Irman Gusman, dan sepasang suami istri, XSS dan MNI.

Bersama ketiga tersangka juga ikut diamankan uang sebesar Rp 100 juta yang diduga merupakan pemberian dari XSS dan MNI kepada Irman Gusman.

Menurut Agus Rahardjo, uang tersebut terkait dengan pengurusan kuota gula impor yang diberikan oleh Bulog terhadap CV SB pada 2016 untuk provinsi Sumatera Barat.

Wakil Ketua KPK Laode Syarief menambahkan, pada saat melakukan OTT, penyidik sengaja menunggu hingga tersangka XSS dan MNI keluar dari rumah Irman Gusman. Saat ditangkap di dalam mobil, tersangka diminta penyidik KPK menemani masuk ke rumah Irman Gusman.

Sementara itu, soal klarifikasi yang seolah-olah diberikan oleh Irman Gusman melalui Twitter, Laode Syarief mengatakan bahwa pernyataan tersebut ditulis oleh staf Irman Gusman dan itu adalah pernyataan yang tidak benar.

“Saya meminta penghentian operasi dari Twitter yang bersangkutan karena memutar balik fakta yang sebenarnya. Semua prosedur penangkapan sudah sesuai SOP dan perkembangan yang berlaku, semua operasi tangkap tangan ini direkam secara profesional oleh penyidik-penyidik KPK sehingga semua informasi yang seakan bertentangan dengan fakta ini adalah bohong adanya,” tegas Laode Syarief.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Jakarta – Permasalahan hukum yang tengah membelit Pimpinan Forum Pembela Islam (FPI) Rizieq‎ Syihab diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis