Home > Ragam Berita > Nasional > Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Jakarta – Sejumlah tokoh senior dari lintas agama dan budaya berkumpul dalam Forum Sesepuh Bangsa untuk Perdamaian Indonesia, yang diadakan di University Club Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (26/5/2017).

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Hadir pada acara tersebut yakni Buya Ahmad Syafii Maarif, Kardinal Julius Dharmaatmaja, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Bhikku Nyana Suryanadi, Mohamad Sobary, Pendeta Gomar Gultom, Prof Abdul Munir Mulkan, KH Imam Aziz, Ida Bagus Agung, Engkus Ruswana, dan Budi Suniarto.

KH Moh Quraish Shihab dan KH Ahmad Mustofa Bisri berhalangan hadir, namun wejangan dan seruan mereka ditampilkan lewat video.

Para sesepuh ini lantas merumuskan lima seruan yang kemudian dibacakan oleh H. Abdul Munir Mulkhan

“Saya akan membacakan seruan yang tadi sudah dibicarakan oleh para sesepuh,” ucap H Abdul Munir Mulkhan.

Berikut ini lima seruan para sesepuh bangsa tersebut:

1. Semua elemen bangsa, khususnya pemerintah, harus melakukan penyadaran bagi semua pihak tentang pentingnya persatuan dalam Indonesia yang bhineka dan mendudukkan Pancasila sebagai kepribadian bangsa untuk semua generasi.
2. Pemerintah harus bersikap tegas dan bijaksana dalam menanggapi situasi yang menjurus pada keretakan persatuan dan segera bertindak mengutamakan keselamatan bangsa dan negara.
3. Pemerintah harus memiliki sikap dan bahasa yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan hidup berbangsa dan bernegara.
4. Pendidikan politik dan sejarah kebangsaan perlu dikuatkan kembali, baik kepada para politisi maupun semua elemen bangsa, demi keselamatan dan masa depan bangsa.
5. Perlu dibangun persaudaraan sejati dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, demi terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan kepada semua makhluk ciptaan Tuhan, bahkan semua agama mewajibkan penerimaan dan penghormatan kepada orang lain.

(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Video Ceramah Soal PKI Yang Mengantarkan Alfian Tanjung Jadi Tersangka

Video Ceramah Soal PKI Yang Mengantarkan Alfian Tanjung Jadi Tersangka

Jakarta – Polisi menahan Ustad Alfian Tanjung dan menetapkannya sebagai tersangka atas ucapannya saat memberikan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis