Medan – Memasuki masa libur Hari Raya Idul Firti, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan dilaporkan mengalami kekurangan stok darah dengan golongan AB.

Libur Lebaran, PMI Medan Kekurangan Stok Darah AB

“Sebelum bulan puasa, stok kantong golongan darah AB ada ratusan kantong. Saat ini tersisa 45 kantong saja,” kata Kepala Seksi Bank Darah Rumah Sakit dan Pemeliharaan Pelestarian Donor Darah Sukarela UTD PMI Medan, dr Ira Fitrianti Putri Lubis, Sabtu (24/6/2017).

Kekurangan stok darah khusus terjadi untuk golongan darah AB saja, sedangkan untuk golongan darah yang lain stok di PMI medan masih mencukupi.

“Golongan darah AB stoknya sangat minim. Tapi nanti akan coba kami minta bantuan ke PMI daerah lain,” ujar dr Ira.

Minimnya stok darah AB dikarenakan menurunnya jumlah pendonor darah pada saat bulan puasa sehingga stok darah yang didapat tidak seperti hari biasa.

“Hanya sekitar 20-30-an kantong darah. Tetapi, kami tetap usahakan stok darah selalu ada. Jadi, tak akan mengecewakan pasien yang membutuhkan,” tuturnya.

Hingga nanti usai libur lebaran, PMI Medan tidak mengadakan kegiatan donor darah. Namun demikian, para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya dapat datang langsung ke UTD PMI Medan yang tetap buka selama 24 jam, termasuk libur Lebaran.

“Setelah libur Lebaran usai, kami gencar melakukan kegiatan donor. UTD PMI Kota Medan buka 24 jam nonstop. Saat Lebaran juga buka. Jadi warga Medan yang mau mendonorkan darahnya silakan datang kapan saja,” ungkapnya.

dr Ira berharap masyarakat bisa tetap mendonorkan darahnya untuk menjaga stok darah agar tetap tersedia bagi siapa saja yang membutuhkan.

“Adapun stok darah sehat di UTD PMI Kota Medan pada Jumat (23/6/2017) terdapat sebanyak 1.113 kantong darah. Jumlah itu terdiri dari golongan darah A 270 kantong, B 430 kantong, AB 45 kantong dan O 368 kantong,” pungkasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)