Home > Ragam Berita > Nasional > Jenderal Gatot Nurmantyo Disebut Berpeluang Bangun Poros Ketiga Selain Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019

Jenderal Gatot Nurmantyo Disebut Berpeluang Bangun Poros Ketiga Selain Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019

Jakarta – Nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disebut-sebut berpeluang untuk maju di Pilpres 2019, menjadi calon alternatif dari dua pesaing kuat, Jokowi dan Prabowo.

Jenderal Gatot Nurmantyo Disebut Berpeluang Bangun Poros Ketiga Selain Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019

Dalam beberapa kesempatan, teriakan ‘Presiden!’ yang ditujukan kepada Gatot juga kerap terdengar. Di antaranya saat Gatot menghadiri Mukernas PPP di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, 22 Juli 2017, serta di acara Rapimnas Golkar di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 22 Mei 2017 lalu.

Menurut Kepala Pusat Studi Politik dan Pertahanan Universitas Padjajaran Bandung, Muradi, apa yang terlihat sejauh ini hanya sebatas ‘testing the water’ karena belum ada satupun partai yang benar-benar secara serius mengajukan nama Gatot.

“Khusus dari PAN, memang ada semacam manuver untuk membangun poros alternatif di luar Jokowi dan Prabowo Subianto,” kata Muradi, Rabu (26/7/2017) malam.

Bila respon tidak cukup baik, maka kemungkinan poros alternatif di luar Jokowi dan Prabowo, tidak akan terwujud.

Di kesempatan terpisah, Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia Denny JA mengakui ada tiga nama yang mengemuka menjelang Pilpres 2019, yaitu Jokowi, Prabowo, dan Gatot Nurmantyo.

“Sampai hari ini memang tiga nama itu yang kuat. Tapi Gatot kesulitan mencari partainya,” tulis Denny melalui layanan Whatsapp.

Sedangkan menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, peluang Gatot Nurmantyo tidak cukup kuat untuk maju di Pilpres 2019 karena partai-partai besar bisa ditebak pilihannya, tinggal tersisa PAN dan Demokrat.

Sedangkan jumlah kursi PAN dan Demokrat sendiri tidak cukup besar untuk membentuk poros ketiga, kecuali mereka dapat menarik salah satu partai pendukung Jokowi atau Prabowo.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sapi Dari Jokowi dan JK Jadi Obyek Foto Warga

Sapi Dari Jokowi dan JK Jadi Obyek Foto Warga

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyumbang masing-masing satu ...