Home > Ragam Berita > Nasional > Menlu : 17 WNI yang Kabur dari ISIS Belum Bisa Dipulangkan

Menlu : 17 WNI yang Kabur dari ISIS Belum Bisa Dipulangkan

Jakarta – Sebanyak 17 WNI di Suriah akhirnya lolos dari sekapan ISIS. Mereka dikabarkan telah berhasil kabur. Kini kondisi puluhan WNI dipastikan aman.

Menlu : 17 WNI yang Kabur dari ISIS Belum Bisa Dipulangkan

Wakil Menteri Luar Negeri, M.Fachir, memastikan kondisi 17 WNI tersebut aman. Walau belum bisa dijangkau oleh perwakilan Indonesia. “Aman. Kalau pulang ke Indonesia gampang,” kata Fachir di Jakarta pada Jumat (11/8/2017).

Fachir mengatakan, 17 WNI yang melarikan diri setelah sempat ditahan oleh ISIS di Raqqa Suriah, kini sudah berada di Irak. Komunikasi dengan para WNI tersebut sudah dilakukan, namun belum bisa bertemu.

Untuk membawa mereka, kata Fachir, situasi di lapangan tidak seperti yang dibayangkan. Mengingat, ada faksi-faksi yang menguasai masing-masing kawasan yang akan dilewati kalau evakuasi dilakukan.

“Penjemputannya itu bisa menggunakan orang lain. Tetapi, sampai di mana kita boleh masuknya, itu juga sudah dinamika ini,” katanya.

Pemerintah belum bisa menargetkan kapan 17 WNI itu bisa dibawa pulang. Fokus saat ini adalah mereka aman. “Belum bisa dipulangkan. Yang penting aman,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Jakarta – Dalam Pilpres 2019 mendatang, muncul sebuah wacana bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo ...