Jakarta – Terbangun di tengah malam ketika tidur bisa jadi merupakan hal yang amat mengesalkan, terutama saat Anda benar-benar sedang lelah atau mengantuk.

Terbangun di Tengah Malam? Inilah Beberapa Faktornya

Ilustrasi

Apabila Anda mempertanyakan kenapa Anda harus terbangun di malam hari, berikut kami hadirkan penjelasan dari 10 alasan yang membuat Anda terbangun:

Batuk
Jika kamu memang sedang mengalami batuk-batuk, bahkan memulai tidur pun juga susah. Setelah tertidur, kamu juga bisa terganggu saat tenggorokanmu gatal dan terbatuk. Terkadang batuk juga bisa terjadi disebabkan oleh asam lambung, dikenal juga dengan nocturnal atypical reflux. periksakan kesehatan jika hal ini sering terjadi.

Perlu ke kamar mandi
Jika kebelet pipis tengah malam, ada kemungkinan ini gejala diabetes tipe 1 atau 2, karena tubuh berusaha mengeluarkan gula dari tubuh. Ingin buang air kecil tengah malam bisa juga gejala adanya masalah tumor atau kista di uterus, adanya pembengkakan di bagian dalam sehingga menekan kandung kemih.

Kehabisan nafas
Ada kalanya kamu seperti tersengal dan kehabisan nafas ketika kamu tidur, hal ini juga dikenal dengan nocturnal asthma. Hal ini bisa disebabkan udara kamar ber-AC, bantal atau kasur yang kurang nyaman. Jika asma, periksakan diri ke dokter.

Merasa pusing
Jika terbangun karena kamu pusing, hal ini bisa terjadi karena pengaruh debu atau vertigo. Posisi tidak nyaman saat tidur juga berpengaruh menyebabkan ketidakseimbangan di kepala.

Punggung sakit
Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan punggung sakit dan menyebabkanmu terbangun. Biasanya posisi miring terlalu lama, atau menindih barang tertentu bisa menyebabkan permukaan berbaring tidak rata sehingga punggung sakit.

Kesemutan Atau Kaki Sakit
Ada kalanya kesemutan atau kaki kram juga membuatmu bangun tiba-tiba. Jika seperti ini, kamu perlu benar-benar bangun dan merileks-kan otot yang kesemutan atau kram dulu, hingga kembali seperti semula, baru bisa tidur lagi.

Gerah
Ini alasan paling umum kebanyakan orang bangun tengah malam. Ada kalanya digigit nyamuk juga membuat banyak orang bangun. Nyalakan kipas angin, AC, atau buka jendela jika memang gerah. Suhu tubuh yang tinggi memang akan membuatmu bangun dengan sendirinya.

Stres
Stres juga bisa terbawa hingga kamu tidur dan mimpi buruk. Terkadang karena kamu terlalu banyak pikiran dan beban, kamu tak bisa tidur nyenyak dan bangun di tengah malam. Kamu perlu liburan dan hiburan.

Haus
Tubuh dehidrasi juga bisa menyebabkanmu terbangun. Tapi haus hingga terbangun juga bisa jadi tanda diabetes. Ini terjadi karena kadar tekanan darah tinggi sehingga menekan glukosa dalam tubuh dan menyebabkan tubuh dehidrasi.

Lapar
Perut keroncongan bikin gak bisa tidur, tapi juga bisa menyebabkanmu terbangun di malam hari. Hal ini bisa jadi sindrom makan malam hari. yang dipicu stres atau depresi, kata Dr. Neil Stanley. Tapi bisa juga berarti lain seperti kurangnya hormon thyroxin yang melambatkan metabolisme.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)