Jakarta – Kabut asap di wilayah Kalimantan dan Sumatra telah berada dalam level bahaya. Warga melayangkan laporan kepada Presiden Joko widodo melalui media sosial. Saat ini media sosial dibanjiri hastag #IndonesiaDaruratAsap.

Tebalnya kabut asap sangat mengganggu aktivitas di luar ruangan, Salah satunya adalah aktivitas penerbangan. Selain itu, hewan ternak seperti ayam banyak yang mati lantaran menghirup udara buruk.

Beberapa wilayah yang terdampak pun sudah meliburkan peserta didiknya. Misalnya, di Kalimantan Tengah, gubernurnya telah mengeluarkan instruksi untuk meliburkan sekolah dari jenjang TK hingga SMP, mengingat kondisi asap yang dalam dalam kondisi sangat berbahaya bagi kesehatan peserta didik di wilayah tersebut.

“Kalimantan sedang darurat asap,” tulis salah satu warganet.

“Pak Jokowi-Maruf & Pak Gubernur Riau tolong, masyarakat di Riau sudah sesak napas karena bencana asap. Kepemimpinan yang kuat dan efektif sangat dibutuhkan. Please save our children,” tulis warganet lain.

Asap di Riau dan Kalimantan sudah mencapai level bahaya, mohon bantuannya Pak Jokowi dan mohon bantuan juga dari semua kalangan,” tulis lainnya.

Di sisi lain, tanda pagar #IndonesiaDaruratAsap menjadi trending topic di jagat Twitter, setelah sebelumnya #SaveRiauDariKebakaranHutan. (NRY-harianindo.com)