Krisis Suriah

Krisis Suriah

Ankara – Pihak Turki dan Amerika diberitakan telah menyusun sebuah rencana baru demi menyelesaikan krisis yang saat ini tengah melanda Suriah. Rencana tersebut dipersiapkan apabila nantinya memang dialog yang akan dilangsungkan antara pihak pemerintah Suriah dan pihak oposisi gagal mencapai kata mufakat. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Today Zaman, Sabtu (25/5/2013).

Pihak Turki melalui Menteri Luar Negeri mereka yakni Tayyip Erdogan mengemukakan bahwa rencana tersebut sebenarnya sudah disepakati pada pekan lalu. Kesepakatan tersebut terjadi ketika Presiden Amerika, Barrack Obama melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Selama ini, peran Turki dalam menyelesaikan masalah krisis Suriah mereka wujudkan dalam konferensi “Sahabat Suriah” yang berlangsung di Amman, Yordania. Konferensi tersebut juga melibatkan pula Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerri serta beberapa pejabat tinggi negara Arab dan Eropa.

Selain upaya – upaya tersebut, pihak Amerika sebelumnya juga telah melakukan sebuah kesepakatan dengan pihak Rusia terkait krisis Suriah. Kesepakatan tersebut mengenai rencana dua negara tersebut untuk menggelar sebuah konferensi yang melibatkan pihak Pemerintah Suriah dan pihak oposisi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)