Nissan Juke Visia

Nissan Juke Visia

Yokohama – Salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Nissan Juke terbaru di Inggris atau disebut Juke Visia. Dalam keterangan yang dikutip dari Inautonews, selasa (11/6/2013), Nissan akan meng-upgrade mesin diesel yang terdapat pada model tersebut.

Mesin diesel yang terdapat dalam Juke terbaru tersebut memiliki kapasitas yang sama dengan versi sebelumnya yakni 1.5 liter dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan jumlah tenaga yang sama yakni 108 BHP. Akan tetapi, dua mesin ini memiliki kapasitas torsi yang berbeda. Apabila pada versi sebelumnya hanya mampu mencapai torsi maksimal sebesar 240 Nm, maka mesin baru Juke mampu mencapai torsi 260 Nm, atau 20 Nm lebih tinggi daripada varian sebelumnya.

Akan tetapi, walaupun memiliki torsi yang lebih tinggi daripada pendahulunya, Nissan Juke ini tetap hanya melaju pada kecepatan 0-62 mil/jam dalam waktu 11,2 detik sebelum mencapai  kecepatan maksimal 109 mil/jam.

Namun demikian, tentu saja terdapat hal positif pada varian terbaru Juke yakni dalam hal konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dari seri pendahulunya. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan dari sistem start/stop, pompa bahan bakar, dan turbocharger terbaru.

Total, Juke terbaru memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih rendah 14 persen dari varian sebelumnya yakni menjadi 67,3 mpg dan emisi gas CO2 juga menurun sebesar 12 persen menjadi 109 g/km. Selain itu, Juke Visia dengan mesin 1.5 dCi juga memiliki perubahan pada sistem percepatan yang digunakan yakni pada gigi satu yang lebih pendek namun lebih panjang ketika menginjak gigi enam sebagai bentuk dari peningkatan torsi (putaran mesin). (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)