Capres Terbaik Harus Dihasilkan Dari Konvensi Partai Demokrat

SBY

Jakarta – Pada Pilpres 2014 nanti nampaknya Partai Demokrat akan menggunakan sistem konvensi. Dimana nantinya sistem konvensi ini bertujuan untuk mendapatkan calon terbaik yang nantinya akan diusung menjadi capres.

Diharapkan dengan konvensi ini akan ada seorang tokoh terbaik itu dari mana saja, termasuk dari non parpol ataupun dari parpol. Bertempat di kantor Formappi di Matraman, Jakarta, Minggu (4/8/2013), pengamat politik Ray Rangkuti mengungkapkan bahwa dengan adanya konvensi PD ini maka langkah PD layak diberikan dukungan.

Karena dari hasil konvensi PD ini nantinya akan terpilih calon dengan bobot akedemik yang paling baik. Sehingga nantinya akan diusulkan ke KPU sebagai calon presiden, terlepas lolos seleksi atau tidak. Terkait konvensi tersebut, Ray ingin agar PD sebagai penyelenggara harus mengumumkan secara terbuka terkait syarat-syarat yang nantinya akan masuk ke dalam daftar konvensi.

Karena pada dasarnya konvensi ini adalah merupakan sebuah hajatan publik, sehingga wajar adanya jika masyarakat berhak mengetahuinya. Selain itu Ray juga menambahkan agar PD dapat menyelenggarakan debat terbuka secara konstruksi antar kandidat. Sehingga masyarakat dan internal Partai Demokrat sendiri dapat mengetahui kualitas dari calon presiden yang nantinya akan diusung PD. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)