Konvoi tim khusus PBB

Konvoi tim khusus PBB

Damaskus – Pihak PBB melalui tim khusus yang mereka bentuk telah memulai tentang dugaan pemakaian senjata kimia dalam konflik Suriah. Tim khusus tersebut menghampiri daerah yang disinyalir diserang menggunakan senjata kimia. Hal tersebut sebagaimana telah dirilis oleh Reuters, Senin (26/8/2013).

Dalam aksinya, tim khusus PBB tersebut mengunjungi daerah Gouta dengan enam mobil milik PBB. Selain tim khusus dari PBB, dalam kegiatan tersebut terndapat pula petugas medis serta ambulan guna memberikan pengamanan terhadap tim.

Pengiriman tim khusus itu sendiri dilakukan oleh pihak PBB setelah mereka melakukan perundingan dengan pihak Pemerintah Suriah. Dalam perundingan tersebut, akhirnya Pemerintah Suriah mengijinkan tim tersebut untuk melakukan penyelidikan.

Disisi lain, pemimpin tertinggi Suriah, Presiden Bashar Al Assad membantah tuduhan penggunaan senjata kimia oleh pihaknya. Menurutnya, isu senjata kimia tersebut sengaja dihembuskan Amerika Serikat agar mereka bisa melakukan serangan pada Suriah.

Sebagai catatan, saat ini pihak Amerika Serikat terus berupaya untuk mencari dukungan terhadap berbagai pihak agar mereka bisa melakukan serangan ke Suriah. Tercatat, tiga negara telah bersiap untuk membantu misi AS tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)