Gelombang Pertama Dari Saudi Arabia Akan Tiba di Tanah Air Malam IniJakarta – Para warga negara Indonesia (WNI) gelombang pertama yang overstay di Saudi Arabia, telah dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia dan tiba di bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, pada Minggu (10/11/2013) malam.

Kurang lebih ada sekitar 484 WNI overstay yang akan dievakuasi menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang dijadwalkan terbang dari Jeddah, Sabtu 9 Novemnber pada pukul 00.15. Sayangnya penerbangan ini harus delay sekitar lima jam dan baru terbang sekitar pukul 04.15.

Seperti yang dilansir dari website Setkab, Minggu (10/11/2013), Moh Jumhur Hidayat sebagai Kepada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi yang didapatkan dari Duta Besar Indonesia di Saudi Arabia, Gatot Abdullah Mansur bahwa ada kendala keberangkatan pesawat sehingga diprediksi sampai ke tanaha air sekitar pukul 18.00.

Diungkapkan oleh Jumhur bahwa WNI overstay yang dipulangkan dari Arab Saudi untuk gelombang pertama ini terdiri dari 404 perempuan dan 80 anak-anak dan juga bayi. Sedangkan untuk urusan administrasi, para WNI ini telah menyelesaikannya di Shumaisi yang letaknya sekitar 96 kilometer (km) dari Jeddah.

Selain evakuasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah, pemerintah Saudi Arabia juga telah memulangkan beberapa warga asing yang tidak memiliki dokumen legal setelah diberikan amnesti yang berasal dari penampungan yang ada di Shumaisi. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)