Polda Metro Sudah Memiliki Alat Pendeteksi AlkoholJakarta – Semakin banyaknya para pengendara yang ceroboh dan mabuk ketika berkendara, membuat gerah masyarakat. Alhasil untuk dapat mengurangi angka kecelakaan dikarenakan pengaruh dari minuman keras, kini pihak Polda Metro Jaya sudah memiliki alat pendeteksi alcohol.

Alat ini memiliki nama Drager Alcotest 7510. Diungkapkan oleh Kasat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono, bahwa sebenarnya alat ini untuk yang pertama kalinya digunakan pada operasi zebra yang akan berlangsung di dua tempat.

Rencananya operasi zebra ini akan berada di wilayah yakni di Jalan Pramuka dan TMII, Jaktim. Diungkapkan oleh Hindarsono bahwa yang memiliki alat tes alcohol itu hanya di Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Tengah. Dimana keduanya nantinya dijadikan sebagai percontohan.

Operasi zebra yang mulai digelar sejak pukul 01.30-03.30 WIB, mengerahkan sebanyak 500 personel gabungan yang berasal dari Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Dimana nantinya mereka akan menggunakan alat tes alcohol untuk mendeteksi penggunaan alcohol kepada para pengendara yang sedang melintas.

Dalam keterangan persnya, Minggu (8/12/2013), Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, mengungkapkan bahwa dalam operasi itu ada tiga pengendara yang dinyatakan positif mengkonsumsi minuman keras atau alkohol. Memang sebenarnya ada beberapa pengendara yang positif, namun dibebaskan karena belum ada akibat riilnya di lapangan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)