Jakarta – Deputi Pencegahan BNN, Irjen Ali Djohardi Wirogioto menyebut Indonesia menjadi pangsa terbesar narkoba di tingkat Asia. Mirisnya lagi seluruh jenis narkotika digunakan dan tersebar di Tanah Air.

BNN Tegaskan Puluhan Jenis Narkoba Diedarkan di Seluruh Tanah Air

Ali Djohardi menyebut pengguna dan pengedar narkoba di Indonesia mengonsumsi setidaknya 65 jenis narkoba. Banyaknya narkoba yang tersebar akibat meledaknya angka permintaan terhadap barang haram itu.

“Jangankan di Asia Tenggara, saya berani bilang di Asia, Indonesia merupakan pangsa terbesar. Semua jenis narkotika diserap habis, sampai 65 jenis narkotika. Tidak seperti negara lain, hanya 5 hingga 6 jenis saja,” kata Ali dalam diskusi Redbons pada Kamis (20/7/2017).

Pada 2016, Presiden Jokowi, kata Ali, sudah menyatakan Indonesia masuk dalam status darurat narkoba. Penilaian itu dinilai wajar, pasalnya narkoba telah marak dan masuk dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Gathot Harsono Ditetapkan Bareskrim sebagai Tersangka Korupsi

Dari penelusuran BNN, saat ini pengguna narkoba mempunyai rentan usia yang cukup luas. Mulai dari siswa SD hingga ke usia dewasa. Pihaknya juga kewalahan dengan semakin meningkatnya angka pengguna narkotika, temasuk pengedar.

“Kita bisa kehilangan satu generasi jika terpengaruh narkoba. Kalau mau belajar sejarah, sekitar tahun 1.600 di Cina yang sedemikian kuat, jatuh karena narkoba saat dijajah oleh Inggris. Indonesia jangan sampai ke arah sana,” ungkapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)