Riyadh – Pihak pengadilan Arab Saudi telah menjebloskan seorang pria yang diketahui telah melakukan kegiatan perekrutan yang diperuntukkan bagi jaringan terorisme internasional Al Qaeda. Dimana pria yang memiliki kewarganegaraan Arba Saudi ini dikarenakan ulahnya terpaksa harus berada di penjara.

Pria Arab Saudi Dijatuhi Hukuman Penjara 15 Tahun Karena Rekrut Anggota Al Qaeda

Ilustrasi

Atas kegiatan yang dilakukan pria tersebut, pihak pengadilan Riyadh menjatuhkan hukuman penjara selama 15 tahun. Dalam aksinya ini pria yang tidak diketahui namanya ini berhasil merekrut sekitar 14 orang untuk dapat bergabung dengan Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) yang ada di Yaman.

Seperti yang dilansir dari AFP, Sabtu (21/12/2013), pihak pengadilan mengungkapkan bahwa operasi perekrutan tersebut telah berhasil digagalkan pada saat pria tersebut sedang mengadakan pertemuan bersama dengan pimpinan Al Qaeda yang ada di Yaman.

Pria tersebut menjadi koordinir atas 14 perekrutan yang dilakukan melalui email. Untuk selanjutnya mereka akan bergabung dengan Al Qaeda di Yaman untuk kemudian mendapatkan sebuah kartu identitas Yaman yang palsu.

Untuk diketahui bahwa AQAP adalah sebuah kelompok Al Qaeda yang merupakan gabungan dari Al Qaeda untuk wilayah Arab Saudi dan juga Yaman. Karena pada tahun 2009, keduanya memutuskan untuk melebur menjadi satu untuk menjadi sebuah kekuatan yang cukup menakutkan banyak pihak. (Choirul Anam – www.harianindo.com)