Desain Aneh Kontroler Steam MachineLas Vegas – Perusahaan pengembang game Half-Life, Valve Corporation, telah mengembangkan perangkat game kombinasi antara konsol game dan PC bernama Steam Machine. Karena perangkat ini bisa dimasukkan ke dalam 2 kategori sekaligus, maka dalam pengembangannya Valve bekerja sama dengan merk-merk terkenal seperti Alienware, Gigabyte, dan Zotac. Walaupun merk-merk tersebut akan merilis versi Steam Machine-nya sendiri-sendiri, Valve bertanggungjawab untuk urusan OS dan kontroler/joystiknya. Adapun salah satu hal yang paling menarik perhatian pada ajang CES 2014 adalah kontrolernya, yang memiliki desain unik, atau bisa dibilang aneh.

Seperti dilansir dari Polygon (Kamis, 9/1/2014), bentuk kontroler yang tidak biasa ini awalnya akan membuat gamer merasa pengalaman baru saat memainkan game. Selama sesi percobaan pada CES 2014, terlihat bagaimana kontroler tersebut menangani game-game first-person-shooters. Perlu sedikit penyesuaian memang untuk dapat memainkannya.

Salah satu desainer dari kontroler tersebut, Jeff Bellinghausen, menjelaskan bahwa kontroler ini tidak hanya berfungsi layaknya joystik namun juga keyboard dan mouse. Kontroler ini dimaksudkan untuk dimainkan dengan seluas mungkin genre game yang ada, mulai first-person-shooter sampai fighting game. (Choirul Anam – www.harianindo.com)