Toyota Telah Siapkan Camry HidrogenCalifornia – Pada kesempatan sebelumnya, memang Toyota pernah berujar di tahun 2015 akan mengusung mobil hidrogen. Dimana Toyota telah mengenalkan FCV dan kini dari informasi yang beredar menyebutkan bahwa Camry hydrogen akan menjadi pilihan konsumennya untuk mendukung proyek ramah lingkungan.

Seperti yang dikutip dari Bloomberg Sabtu (11/1/2014), dikabarkan bahwa nanti di tahun 2015, Toyota berencana meluncurkan berbagai varian hydrogen dari produksinya dan akan dipasarkan di wilayah Amerika dan juga Jepang.
Terlebih lagi pihak Toyota akan melengkapi dilernya dengan stasiun pengisian hydrogen dengan maksud untuk memberikan dukungan kepada konsumen yang menggunakan mobil hydrogen milik Toyota. Diungkapkan oleh Vice President Toyota AS, Bob Carter bahwa untuk dapat mewujudkan mobil hidrogennya, pihak Toyota memberikan potongan biaya.

Dimana nantinya diharapkan akan ada banyak stasiun bahan bakar hidrogen. Alhasik untuk mewujudkan mobil hidrogennya, Toyota akan memberikan dorongan untuk pembangunan infrastrukturnya. Nantinya Toyota bersama dengan Hyundai dan Honda Motor Co akan melakukan perencanaan agar dapat menjual mobil hidrogennya di wilayah California serta mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan kendaraan bebas emisi.

Untuk diketahui bahwa saat ini di California baru ada 10 SPBU yang memiliki pengisian bahan bakar hidrogen. Diharapkan beberapa tahun kedepan SPBU hidrogen dapat mencapai 100 unit. Pendirian SPBU hidrogen sendiri sampai tahun 2014 ini nilai investasinya mencapai US$ 200 juta.

Alhasil untuk memberikan dukungan California, pihak Toyota menggandeng University of California di Irvine serta pejabat Negara untuk dapat membantu memberikan identifikasi dari pembangunan SPBU. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)