Honda Kalahkan Penjualan Toyota di ThailandBangkok – Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, berhasil mengalahkan pesaing senegaranya Toyota dalam penjualan mobil penumpang (4-kursi atau lebih) di Thailand. Ini adalah yang pertama terjadi dalam sejarah otomotif Thaulnad. Seperti dilansir dari The Nation Multimedia (Selasa, 21/1/2014), Honda unggul dari Toyota sekitar 18.000 unit setelah kuarter ketiga 2013, namun bisa memperkecil ketinggalan pada kuarter akhir yang disebabkan oleh larisnya Yaris eco-car.

Saat pergantian tahun terjadi, Toyota, perusahaan otomotif yang disebut-sebut terbesar di dunia—dengan mobilnya yang “merakyat” namun berkualitas tinggi, tetap tidak mampu mengalahkan Honda. Finish dengan beda 3.000 unit. Toyota menjual 190.101 unit, sekitar 15,4 %, sementara Honda unggul dengan 193.185 mobil penumpang, lebih dari 18,2 %.

Adapun bila memasukkan mobil sport-utility, seperti Honda CR-V dan Mazda CX-5, ke dalam hitungan kategoti mobil penumpang, angka yang keluar lebih besar, yaitu 213.155 unit, sebagaimana dilaporkan oleh Japan Chamber of Commerce.

Presiden Toyota Motor Thailand Co, Kyoichi Tanada, mengatakan bahwa pihaknya mengakui kekalahan ini. Dia menambahkan bahwa Yaris meluncur ke pasar baru beberapa bulan ke belakang, sementara produk Honda sudah beredar sejak awal tahun 2013. Disebutkan juga bahwa kepopuleran mobil penumpang milik Toyota memudar sejak dikuranginya produksi Corolla sebagai persiapan untuk peluncuran model terbarunya. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)