Toyota Berencana Buat Tangki Mobil Hidrogen Anti PeluruJakarta – Tidak dipungkiri memang banyak orang yang meragukan mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen dikarenakan masalah keamanannya. Karena mudah meledak, mobil dengan bahan bakar hidrogen ini seperti layaknya bom.
Oleh karena itu Toyota kini merancang sebuah mobil hidrogen yang memiliki tangki yang anti peluru. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya kekhawatiran akan keamanan penggunaan bahan bakar hydrogen yang telah dirancang oleh para insinyur Toyota.

Seperti yang dilansir dari autonews, Kamis (30/1/2014), Wakil Presiden Toyota Motor Sales AS Bob Carter mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan keyakinannya, maka para insiyur mencobanya dengan menggunakan piston kaliper kecil terhadap dua tangki serat karbon yang didalamnya sudah diisikan hidrogen.

Ketika dilakukan uji coba, peluru memantul. Kurang puas dengan percobaan yang dilakukan, para insinyur ini mencoba dengan menggunakan peluru yang besar yaitu kaliber 50. Hasilnya ketika ditembak tangki memang sedikit penyok, namun tidak membuatnya bocor.

Carter berujar bahwa pihaknya ingin mengetahui bahan apa yang benar-benar dapat menusuk tangki bahan bakar hidrogen tersebut. Memang langkah ini merupakan serangkaian tes yang bertujuan untuk memastikan akan daya tahan dari kendaraan.

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini Honda juga telah mempersiapkan mobil dengan bahan bakar hidrogen sekitar tahun 2015 nanti. Walaupun demikian, CEO Nissan Carlos Ghosn, CEO Tesla Motors Elon Musk serta CEO Volkswagen of America Jonathan Browning memang tidak dipungkiri sempat meragukan atas kendaraan yang menggunakan bahan bakar hidrogen.

Tidak hanya masalah keamanannya saja, namun terkait juga dengan infrastruktur yang mendukung terkait pengisian bahan bakar hidrogen yang dirasa saat ini masih minim. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)