Wali Kota Nanjing Dipecat Dari Partai KomunisBeijing – Tidak dipungkiri memang jika ada salah satu anggotanya telah terbukti melakukan korupsi maka Partai Komunis China tidak segan untuk menindak tegas. Hal ini dibuktikan dengan pemecatan Walikota Nanjing Ji Jianye dari keanggotaan Partai Komunis.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Jumat (31/1/2014), berdasarkan pernyataan resmi dari badan pengawas korupsi Partai Komunis China terungkap bahwa saat menjadi Wali Kota memang Ji banyak mencari keuntungan dengan memanfaatkan posisinya untuk dirinya sendiri ataupun untuk keluarganya.

Bahkan dari penyataan tersebut dengan tegas menyatakan bahwa Ji memang sudah memiliki moral korup. Terlebih lagi pemecatan Ji untuk kali ini bertepatan dengan perayaan kampanye anti korupsi serta penyuapan yang saat ini terus disuarakan oleh Presiden China Xi Jinping.

Sebagaimana yang diketahui bahwa tanggal 19 ktober 2013 lalu, memang Ji telah resmi dicopot dari kedudukannya sebagai Wali Kota Nanjing. Bahkan pencopotan Ji sendiri berselang dua hari setelah pemerintah mengumumkan telah melakukan investigasi atas dugaan keterlibatan Ji dalam beberapa kasus korupsi dan juga penyuapan.

Memang tidak dipungkiri bahwa China saat ini memang sedang dihadapkan dengan banyaknya kasus korupsi. Untuk saat ini memang China tidak ingin dipermalukan dengan ulah dari para pejabatnya, sehingga Presiden Xi Jinping berjanji memberantas korupsi tanpa memandang bulu. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)